Artikel Mahasiswa Berkarakter



Mahasiswa Berkarakter

Mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut atau akademi. Mahasiswa adalah status yang disandang oleh seseorang yang terikat di suatu perguruan tinggi, baik di universitas, institute, maupun akademi dan diharapkan menjadi calon-calon intelektual.  Bagi yang sudah menyandang gelar mahasiswa, maka jadilah mahasiswa yang baik, cerdas, intektual, kritis, logis, berkarakter baik, berbudi luhur, dan berbuat baik terhadap sesama.  Pasti akan sukses sekali jadi mahasiswa, dan dapat membanggakan kedua orangtua kita meski telah tiada, yang seperti itu yang dikejar-kejar uang nantinya, rizki tidak usah dicari juga akan datang sendiri.

Mahasiswa yang berkarakter itu adalah mahasiswa yang memiliki wawasan kebangsaan biasanya mempunyai kepekaan sosial yang tinggi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa.  Mahasiswa berkarakter juga haruslah memiliki sopan santun dalam perbuatan, saling menghormati orang tua, kakak angkatan, maupun kepada saudara yang usianya lebih muda dari kita.

Mengubah mindset. Kaum muda adalah tonggak masa depan yang akan meletakkan fondasi-fondasi yang nantinya akan membangun Negara ini di kemudian hari.Berusahalah untuk mengubah mindset/pola piker kita bahwa mahasiswa Indonesia adalah mahasiswa luar biasa yang mampu bersaing di tingkat global.Jangan pernah kita sebagai mahasiswa Indonesia merasa rendah diri atau merasa kecil dimata mahasiswa Negara lain.

Ada beberapa macam karakter yang perlu dimiliki oleh tiap mahasiswa agar dapat menjadi pemimpin yang kelak dapat memimpin bangsa ini dengan baik.  Karakter-karakter yang ada diantaranya:
1.      Beretika.
2.      Berwawasan luas.
3.      Bertanggung jawab.
4.      Pintar, rajin, dan aktif.
5.      Memiliki rasa kasih sayang yang tinggi kepada sesame.
6.      Mampu membagi waktu

Daftar Pustaka

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Fisika dengan Tarik Tambang

Penyemprot Parfum

Helm dalam segi Fisika