Bersepeda santai dengan Fisika

sumber :https://brighterlifeindonesia.files.wordpress.com.jpg
Sepeda merupakan alat transportasi yang bisa dipakai olahraga yang paling murah untuk kesehatan. Bersepeda mengurangi resiko serangan jantung,tekanan darah tinggi dan diabetes. Bersepeda statis akan membakar sekitar 300 kalori, dengan begitu maka dengan bersepeda akan menurunkan  berat badan.Bersepeda dapat mengurangi depresi, stress, dan meningkatkan mood. Selain itu dengan bersepeda kita dapat mengambil ilmu alam khususnya fisika.
Kita akan mengalami gaya hambat udara, gaya gesekan, dan gaya gravitasi. Gaya hambat udara, udara sendiri dapat menjadi penghambat bagi pengendara sepeda.            Daerah di belakang tubuh pengendara sepeda bertekanan rendah, sementara di daerah depan tubuh bertekanan tinggi. Perbedaan tekanan ini menngakibatkan tubuh pengendara terdorong ke arah belakang. Semakin cepat sepeda bergerak , semakin besar gaya dorong.
Gaya gesekan dalam bersepeda yaitu gaya gesekan antara roda dengan jalan yang dapat dikurangi dengan memompa ban dengan cukup keras.
Gaya gravitasi memegang peranan penting pada saat mengendarai sepeda melewati bukit. Gaya ini menarik kita ke bawah. Semakin tajam bukit, semakin besar energi yang dibutuhkan untuk menaiki tanjakan. Gaya gravitasi membuat sepeda tidak seimbang, Apabila kia duduk diatas sepeda yang diam, maka kita akan tejatuh.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penerapan Fisika dengan Tarik Tambang

Penyemprot Parfum

Helm dalam segi Fisika